Minggu, 18 November 2012

MAKALAH 3 DAMPAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PERILAKU SOSIAL MASYARAKAT



                                                         Mata Kuliah  :  Ilmu Sosial Dasar
                                                        Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Penulisan Makalah

Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi
Terhadap  Perilaku Sosial Masyarakat

 


Kelas  :  1-KA39

Tanggal Penyerahan Makalah : 17 November 2012
Tanggal Upload Makalah  :  18 November 2012



 

                                                               P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.



                                         P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
10112739
ANDES MARIO








                        Program Sarjana Sistem Informasi


                          UNIVERSITAS GUNADARMA




KATA PENGANTAR

Salalam sejahtera,
Pertama-tama penulis panjatkan puja serta puji kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Karena rahmat dan kasih-Nya sehingga makalah ini dapat selesai dengan baik meskipun tidak dipungkiri masih banyak kekurangan pada penulisan makalah ini.
Pada kesempatan ini penulis akan membahas tentang dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap perilaku sosial masyarakat. Pada sekarang ini teknologi informasi dan komunikasi telah mampu berkembang dengan pesatnya, perkembangan tersebut beriringan pula dengan perkembangan masyarakat dari masyarakat yang tradisional menjadi masyarakat moderen, kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi
Oleh Karen itu penulis berusaha menuangkan pemikiran berdasarkan pengamatan dan pendapat para ahli terkait dampak kemajuan teknologi dan informasi dalam perilakiu sosial masyarakat.
Semoga makalah ini sedikit banyaknya dapat berguna bagi kita semua.
Terima kasih banyak.

Bekasi, 17 November 2012
                                                                                    Ttd,
                                                                           

                 Penulis




DAFTAR ISI

1.     Kata Pengantar……………………………………………………………i
2.     Daftar Isi………………………………………………………................ii
3.     Bab 1 pendahulun
Latar Belakang Masalah…………………………………………………..1
Tujuan…………………………………………………………………….1
Rumusan masalah………………………………………………………...2
Sasaran…………………………………………………………………...2
4.     Bab II Pembahasan
Analisis SWOT…………………………………………………………..3
Pengertian Teknologi Informasi…………………………………………..4
Dampak Positif dan Negatik dari TIK…………………………………….6
Pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi………...6
5.     Bab III Penutup
Kesimpulan……………………………………………………………….9
Saran……………………………………………………………………..9
6.     Daftar Pustaka……………………………………………………………11




BAB 1
PENDAHULUAN


1.1  LATAR BELAKANG MASALAH

Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat berkembang di masyarakat. Umumnya Teknologi Informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, meliputi didalamnya : memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Saat ini tren pengguna e- yang berarti elektronik bermunculan. Seperti e-education, e-government, e- learning dan lainsebaigainya. Teknologi Informasi dan Komuikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap manusia di era ini, Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah mengglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi Informasi menyebebkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Namun, TIK juga memiliki dampak negative terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan. Kenyataan ini yang mendorong penulis untuk mengungkap lebih jauh tentang Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Aktivitas Pendidikan

1.2  TUJUAN

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah :

1.  Untuk menambah pengetahuan pembaca tentang apa itu teknologi informasi dan komunikasi.
2.  Untuk mengetahui apa dampak positif dan negative dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarkat.
3. Sebagai kajian kepada masyarakat berbagai dampak yang dapat timbul dari perkembangan teknologi informasi


1.3  RUMUSAN MASALAH

1.      Apa itu teknologi informasi dan komunikasi
2.  Apa dampak positif dan negative dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat.
3.      Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi

1.4  SASARAN

1.      Kepada masyarakat agar dapat menggunakan teknologi informasi dengan bijak dan        bertanggung jawab.
2.    Kepada pemerintah melalui DEPKOMINFO agar lebih meningkatkan kontrol kepada penggunaan teknologi informasi di masyarakat agar tidak terjadi penyalahgunaan di masyarakat
3.      Kepada para pengguna internet agar waspada terhadap cyber crime




BAB II
PERMASALAHAN

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi). Saat ini dunia sudah terasa semakin sempit karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi di Amerika misalnya, meskipun kita berada di Indonesia.
Tentu kemajuan teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Saat ini, di Indonesia dapat kita saksikan begitu besar pengaruh kemajuan teknologi terhadap nilai-nilai kebudayaan yang di anut masyarakat, baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan (modernisasi). Kemajuan teknologi seperti televisi, telepon dan telepon genggam (HP), bahkan internet bukan hanya melanda masyarakat kota, namun juga telah dapat dinikmati oleh masyarakat di pelosok-pelosok desa. Akibatnya, segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif, dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat. Dan di akui atau tidak, perlahan-lahan mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dengan segala image yang menjadi ciri khas mereka.


Berikut ini adalah penjabaran mengenai perilaku sosial masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi :

2.1      Analisis mengenai dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perilaku Sosial Masyarakat menggunakan prinsip SWOT

a.      Kekuatan ( strength)


beberapa point positif dari teknologi informasi dan komunikasi :

-     Kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan semakin mudah dibantu perangkat yang semakin berkembang dan praktis.
-   Kita mampu berkomunikasi dengan orang lain melalui fasilitas e-mail, chat, bahkan saling bertatapan hanya dengan melalui internet.
-          Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu hal melalui internet.


b.      Kelemahan ( weakness )
-       Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
-       Dengan mudahnya informasi di cetak ulang tanpa izin dari pemberi informasi atau tanpa menulis sumbernya. hal ini biasa disebut 'copast' copy paste.
-     Hanpir semua pekerjaan dilakukan oleh mesin-mesin otomatis. Sehingga angka pengganguran makin meningkat


c.       Peluang ( opportunity )

-          Peluang Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
-          Munculnya perjudian di internet
-          Munculnya pornografi di internet

d.      Tantangan / Hambatan (Threats)

-          Masih banyaknya daerah-daerah di indonesia yang belum terjangkau koneksi internet
-          Faktor koneksi internet yang lambat.
-          Peran pemerintah masih dirasa kurang dalam mengawasi konten-konten di internet.



     2.2  PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu.
Secara mudahnya teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap prosesimasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
·         Lebih cepat
·         Lebih luas sebarannya, dan
·         Lebih lama penyimpanannya.

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikanpembuatnya. Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk mengolah data (memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data) untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Pada zaman modern yang semakin maju ini komputer telah mengalami evolusi sehingga sudah mencapai generasi kelima yang telah melahirkan generasi baru yaitu terjadinya penggabungan antara Teknologi Komputer dan Komunikasi sehingga sering di sebut sebagai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dibuat untuk membantu menyelesaikan berbagai masalah dengan mudah dan cepat. Adapun perkembangan computer dari waktu kewaktu

2.3       Dampak Positif dan Negatif Dari Teknologi Informasi Bagi Masyarakat                                   
            Dampak positif
1.      Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lain nya diseluruh dunia.
2.      Media pertukaran data, dengan menggunakan email, news group, dll.
3.      Kemudahan informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
4.      Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran / penjualan.
5.      Media untuk hubungan sosial, aplikasi nya berupa social networking seperti facebook, twiter, my space, dll

Dampak negative

1.      Pornografi, mudahnya mengakses pornografi di internet, berefek buruk bagi anak dibawah umur ataupun bagi yang sudah dewasa sekalipun
2.      Penipuan, sudah banyak terjadi kasus penipuan di internet  dengan modus jual-beli online
3.      Hacking / pencurian data via internet
4.      Kecanduan, asik berinternet sehingga terkadang lupa waktu dan berakibat buruk bagi kehidupannya
5.      Cyber-relational addiction adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet ( seperti melalui chat room ataupun social networking )

 2.4      Pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
            Pemanfaatan teknologi informasi pun dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tipe-x, dan lain sebagainya yang cenderung tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak (paperless) sehingga lebih effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan cara konventional, orang mulai melihat kelebihan lainnnya, seperti menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang.
Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan, bisnis, pemerintahan, dan sosial.
1.  Manfaat TIK dalam bidang pendidikan antara lain :
-  Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.
- Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
- Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
 - Internet banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet. Transakasi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan.
2.  Manfaatan TIK dalam bidang bisnis/usaha antara lain :
- SMS Banking adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan SMS (short Message Service ). Transaksi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan.
- E-commerce adalah perdagangan elektronik (Electronic commerce ) adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet.
3.  Manfaat TIK dalam bidang pemerintahan antara lain :
- G2C (government to citizen), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan masyarakat luas, misalnya melayanai kependudukan dan administrasi.
- G2B (government to business), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan dunia usaha, misalnya pengurusan izin usaha, permintaan data statistik yang dibutuhkan pengusaha, dan sebagainya.
- G2G (government to government), adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan lembaga pemerintah lain, departemen lain, pemerintah diatas atau
dibawahnya, dan sebagainya.
4.  Manfaat TIK dalam bidang sosial antara lain :
- Sebagai sumber informasi dan sarana belajar dari masyarakat.
- Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
- Meningkatkan informasi kesehatan. Untuk melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan produk setempat.
- Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce





BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
1.   Teknologi Informasi merupakan sebuah cara untuk mengolah data (memproses , mendapatkan, menyusun, memanipulasi, mempublikasikan data) untuk menghasilkan informasi-informasi yang berkualitas. Dengan teknologi informasi kita dapat memperoleh dan mengetahui tentang informasi-informasi dari berbagai belahan dunia tanpa harus mengunjunginya serta kita dapat mengetahui informasi lebih cepat dan lebih luas jangkauannya.
2.    Teknologi informasi juga memberikan dampak-dampak terhadap masyarakat semisal, kita lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan karena adanya teknologi, dengan teknologi informasi kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan fasilitas e-mail, chatting; Selain itu, dengan TI kita dapat berbelanja memalui situs-situs dan jejaring sosial tertentu. Untuk para pelajar, dengan adanya teknologi informasi pelajar dapat mencari materi-materi yang menunjang pembelajaran dengan mencari di dalam internet, dll
3. Selain memberikan dampak-dampak positif yang sangat banyak, teknologi informasi juga memberikan dampak-dampak negatif, semisal : munculnya situs-situs porno(pornografi), meningkatnya plagiatisme, mengurangi sifat sosial manusia karena lebih cenderung menggunakan internet dari pada bertemu secara langsung, akibatnya terjadi perubahan interaksi sosial, serta meluasnya perjudian.

3.2 Saran
1. Kita dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang suatu hal melalui internet, oleh karena itu pemerintah diharapkan dapat mengawasi segala informasi yang ada di internet sehingga tidak ada konten pornografi yang bebas di akses oleh sembarang orang terutama anak dibawah umur.
2. Hampir semua pekerjaan dilakukan oleh mesin-mesin otomatis. Sehingga angka pengganguran makin meningkat, diharapkan kepada pelaku dunia industry dapat lebih memberikan keterampilan kepada masyarakat agar dapat menggurangi penggunaan robot-robot sehingga mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja manusia.
3. Peluang Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet. Diharapkan para masyarakat tidak mudah percaya kepada orang-orang di dunia maya terutama dalam melakukan transaksi jual-beli.
4. Masih banyaknya daerah-daerah di indonesia yang belum terjangkau koneksi internet, diharapkan peran pemerintah dalam memperluas kegunaan teknologi informasi dan komunikasi di daerah-daerah terpencil dan memberikan sosialisasi agar teknologi tersebut tidak disalah gunakan.






      
DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar