Langsung ke konten utama

MANUSIA DAN CINTA KASIH



A.   Cinta-Kasih
1.    Pengertian Cinta-Kasih
Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang atau tertarik hati kepada suatu hal. Perasaan ini mendorong subyek untuk merasa simpati kepada obyek yang diungkapkan melalui hal yang bersifat positif sehingga mencapai keharmonian. Hal ini disebut kasih. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa cinta adalah perasaan suka, sementara kasih adalah pengejawantahan dari cinta.
Banyak orang sering mengartikan cinta sebagai masalah “untuk dicintai” sehingga membuat mereka berusaha untuk selalu dicintai orang lain. Tetapi pengartian cinta disini bukanlah pengertian cinta yang tepat. Permasalahan dalam cinta adalah mengenai kemampuan seseorang dalam mencintai obyek, tentang bagaimana dia mencintai suatu obyek, sehingga  dapat dikatakan bahwa aspek cinta-kasih adalah memberi dan bukan menerima.
2.   Bentuk Cinta-Kasih
      Kasih Sayang
Menurut Kamus Bahasa Indonesia karya W. J. S. Poerwadarmita, kasih sayang adalah perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dalam penerapannya, kasih sayang tidak hanya berupa perasaan, tetapi juga berupa tingkah laku yang bersifat positif  dan bertujuan untuk membentuk satu kesatuan yang utuh.
Kasih sayang identik dengan hubungan antara pria dan wanita. Tapi sebenarnya, kasih sayang tidak hanya berlandaskan perasaan cinta terhadap lawan jenis, kasih sayang memiliki beberapa macam landasan, yaitu:
a)      Cinta terhadap Tuhan YME
Cinta terhadap Tuhan YME adalah cinta yang lahir karena kesadaran dirinya sebagai hamba dari suatu Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, cinta terhadap Tuhan YME hanya dimiliki oleh orang-orang yang memiliki keyakinan terhadap eksistensi Yang Maha Kuasa. Seseorang yang memiliki keyakinan terhadap eksistensi Yang Maha Kuasa akan cenderung memiliki sikap yang lebih baik daripada mereka yang tidak.
b)      Cinta Diri Sendiri
Cinta diri sendiri adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani dirinya. Cinta diri sendiri dikatakan bernilai negatif jika keinginan tersebut berubah makna menjadi egoistis, yang artinya keinginan tersebut terlalu mementingkan dirinya sendiri dan tidak memikirkan kepentingan yang lain. Seorang wartawan yang memiliki keinginan untuk mendapat data dari seorang narasumber  dengan bertanya padanya adalah hal yang wajar, sebab keinginannya adalah pemenuh kebutuhannya sebagai seorang wartawan. Tetapi, jika keinginannya menimbulkan rasa tidak nyaman kepada narasumber, maka keinginannya telah berubah makna menjadi egoistis.
c)      Cinta Keibuan
Cinta keibuan adalah perasaan memiliki obyek sebagai anaknya sendiri. Cinta keibuan bersifat tulus dan ikhlas, tidak ada tujuan lain selain melindungi obyek tersebut. Seorang ibu yang menjaga 2 orang anak, yang satu anak kandung dan yang lain anak tiri, maka ibu itu akan cenderung lebih menyayangi anak kandungnya.
d)      Cinta Erotis
Cinta erotis adalah adalah cinta yang lahir karena kebirahian atau nafsu. Perwujudan dari cinta erotis adalah kontak yang bersifat seksual, berbeda dengan perwujudan cinta yang sebenarnya yang bersifat tulus. Seekor merak betina akan tertarik pada merak jantan yang paling indah ekornya. Cinta si merak betina hanya berlandaskan cinta pada keindahan ekor si merak jantan, yang artinya cinta tersebut tidaklah tulus.
e)      Cinta Persaudaraan
Cinta persaudaraan adalah rasa memiliki obyek sebagai bagian dari dirinya sendiri, sehingga cinta persaudaraan tidak mengenal batas-batas agama, bangsa, atau suku. Cinta persaudaraan melahirkan nilai bahwa semua makhluk adalah sama. Seorang anak akan menangis saat mengetahui bahwa keadaan sahabatnya sedang kritis, padahal keyakinan sahabatnya berbeda dengan dirinya.

3.    Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
a)       Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
b)       Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
c)       Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.


4.   Pemujaan
      Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti penghormatan atau tempat memuja kepada dewa – dewa atau berhala. Dalam perkembangannya kemudian pujaan ditujukan kepada orang yang dicintai, pahlawan dan Tuhan Yang Maha Esa. Pemujaan kepada Tuhan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan, karena merupakan inti , nilai dan makna dari kehidupan yang sebenarnya. Cara pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan.

5.  Belas kasih
    Belas kasih adalah kebajikan di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian . Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan.

        6. Cinta Kasih Erotis
     Cinta kasih erotis yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang lainnya. cinta kasih erotis bersifat ekslusif, bukan universal, pertama-tama cinta kasih erotis kerap kali di campurbaurkan dengan pengalaman yang dapat di eksplosif berupan jatuh cinta. Tetapi seperti yang telah dikatakan terlebih dahulu , pengalaman intimitas, kemesraan yang tiba-tiba ini pada hakekatnya hanya sementara.
      Keinginan seksual menuju kepada penyatuan diri, tetapi sekali-kali bukan merupakan nafsu fisi belaka, untuk meredakan ketegangan yang menyakitkan. Rupanya keinginan seksual dengan mudah dapat di dicampuri atau di stimulasi oleh tiap-tiap perasaan yang mendalam.
Dalam cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih persaudaraan dan cinta kasih keibuan, sering kali eksklusivitas  dalam cinta kasih erotis di salah tafsirkan dan di artikan sebagai suatu ikatan hak milik, contoh sering kita jumpai separang orang-orang yang sedang saling mencintai tanpa merasakan cinta kasih terhadap setiap orang lainya.
Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar cinta kasih, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sunguh-sunguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi orang lain(wanita ataupun pria). Hal ini merupakan dasar gagasan bahwa suatu pernikahan tradisional, yang kedua mempelainya tidak pernah memilih jodohnya sendiri, beda halnya dengan kebudayaan barat/ zaman sekarang, gagasan itu ternyata tidak dapat diterima sama sekali. Cinta kasih hanya di anggap sebagai hasil suatu reaksi emosional dan spontan.
Dengan demikian, bahwa cinta kasih erotis merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis itu tidak lain dari perbuatan kemauan.


B.  MANUSIA DAN KEINDAHAN
Keindahan adalah sesuatu yang sangat menenangkan jika kita melihat ataupun memperhatikan. membuat kita terkesima dan terpaku saat melihat dan memperhatikannya. Keindahan sesuatu yang baik, sesuatu yang cantik dan sesuatu yang menenangkan serta membuat kita nyaman.
Keindahan dapat kita temui disekitar kita, dapat sebuah pemandangan, benda, hiasan dll. Terkadang tidak semua sesuatu yang abstrak intu tidak indah. Contoh banyak sekali lukisan yang bersifat “ABSTRAK” indah untuk dipandang. Tatkala kita tercengan karena keindahan yang abstrak itu. Keindahan itu sangat luas. Keindahan dapat kita temui di segala penjuru, serta sudut-sudut yang terkadang kita tak pernah sadar kalau disitu terdapat keindahan yang amazing.
Manusia dan keindahan memang tak bisa dipisahkan sehingga diperlukan pelestarian bentuk keindahan yang dituangkan dalam berbagai bentuk kesenian (seni rupa, seni suara maupun seni pertunjukan) yang nantinya manjadi bagian dari kebudayaannya yang dapat dibanggakan dan mudah-mudahan terlepas dari unsur politik. Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas, seluas keanekaragaman manusia dan sesuai pula dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, dan budaya. Karena itu keindahan dapat dikatakan, bahwa keindahan merupakan bagian hidup manusia. Keindahan tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dimanapun kapan pun dan siapa saja dapat menikmati keindahan.
Keindahan identik dengan kebenaran. Keindahan merupakan kebenaran dan kebenaran adalah keindahan. Keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah. Yang tidak mengandung kebenaran berarti tidak indah. Karena itu tiruan lukisan Monalisa tidak indah, karena dasarnya tidak benar. Sudah tentu kebenaran disini bukan kebenaran ilmu, melainkan kebenaran menurut konsep seni. Dalam seni, seni berusaha memberikan makna sepenuh-penuhnya mengenai obyek yang diungkapkan.
Manusia menikmati keindahan berarti manusia mempunyai pengalaman keindahan. Pengalaman  keindahan biasanya bersifat terlihat (visual) atau terdengar (auditory) walaupun tidak terbatas pada dua bidang tersebut. keindahan tersebut pada dasarnya adalah almiah. Alam itu ciptaan Tuhan. Alamiah itu adalah wajar tidak berlebihan dan tidak kurang. Konsep keindahan itu sendiri sangatlah abstrak ia identik dengan kebenaran. Batas keindahan akan behenti pada pada sesuatu yang indah dan bukan pada keindahan itu sendiri. Keindahan mempunyai daya tarik yang  selalu bertambah,  sedangkan yang tidak ada unsur keindahanya tidak mempunyai daya tarik. Orang yang mempunyai konsep keindahan adalah orang yang mampu berimajinasi, rajin dan kreatif dalam menghubungkan benda satu dengan yang lainya. Dengan kata lain imajinasi merupakan proses menghubungkan suatu benda dengan benda lain sebagai objek imajinasi. Demikian pula kata indah diterapkan untuk persatuan orang-orang yang beriman, para nabi, orang yang menghargai kebenaran dalam agama, kata dan perbuatan serta orang –orang yang saleh merupakan persahabatan yang paling indah. Jadi keindahan mempunyai dimensi interaksi yang sangat luas baik hubungan manusia dengan benda, manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, dan bagi orang itu sendiri yang melakukan interaksi.
Pengungkapan keindahan dalam karya seni didasari oleh motivasi tertentu dan dengan tujuan tertentu pula. Motivasi itu dapat berupa pengalaman atau kenyataan mengenai penderitaan hidup manusia, mengenai kemerosotan moral, mengenai perubahan nilai-nilai dalam masyarakat, mengenai keagungan Tuhan, dan banyak lagi lainnya. Tujuannya tentu saja dilihat dari segi nilai kehidupan manusia, martabat manusia, kegunaan bagi manusia secara kodrati.
Ada beberapa alasan mengapa manusia menciptakan keindahan, yaitu sebagai berikut:
1)Tata nilai yang telah usang
Tata nilai yang terjelma dalam adat istiadat ada yang sudah tidak sesuai lagi dengan keadaan, sehingga dirasakan sebagai hambatan yang merugikan dan mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan, misalnya kawin paksa, pingitan, derajad wanita lebih rendah dari derajad laki-laki. Tata nilai semacam ini dipandang sebagai mengurangi nilai moral kehidupan masyarakat, sehingga dikatakan tidak indah. Yang tidak indah harus disingkirkan dan digantikan dengan yang indah. Yang indah ialah tata nilai yang menghargai dan mengangkat martabat manusia, misalnya wanita. Hal ini menjadi tema para sastrawan zaman Balai Pustaka, dengan tujuan untuk merubah keadaan dan memperbaiki nasib kaum wanita. Sebagai contoh novel yang menggambarkan keadaan ini ialah "layar terkembang" oleh Sutan Takdir Alisyahbana, "Siti Nurbaya" oleh Marah Rusli.
2)Kemerosotan Zaman
Keadaan yang merendahkan derajad dan nilai kemanusiaan ditandai dengan kemerosotan moral. Kemerosotan moral dapat diketahui dari tingkah laku dan perbuatan manusia yang bejad terutama dari segi kebutuhan seksual. Kebutuhan seksual ini dipenuhinya tanpa menghiraukan ketentuan-ketentuan hukum agama, dan moral masyarakat. Yang demikian itu dikatakan tidak baik, yang tidak baik itu tidak indah. Yang tidak indah itu harus disingkirkan melalui protes yang antara lain diungkapkan dalam karya seni. Sebagai contoh ialah karya seni berupa sanjak yang dikemukakan oleh W.S. Rendra berjudul "Bersatulah Pelacur-pelacur Kota Jakarta". Di sini pengarang memprotes perbuatan bejad para pejabat, yang merendahkan derajad wanita dengan mengatakan sebagai inspirasi revolusi, tetapi tidak lebih dari pelacur.
3)Penderitaan Manusia
Banyak faktor yang membuat manusia itu menderita. Tetapi yang paling menentukan ialah faktor manusia itu sendiri. Manusialah yang membuat orang menderita sebagai akibat nafsu ingin berkuasa, serakah, tidak berhati-hati dan sebagainya. Keadaan demikian ini tidak mempunyai daya tarik dan tidak menyenangkan, karena nilai kemanusiaan telah diabaikan, dan dikatakan tidak indah. Yang tidak indah itu harus dilenyapkan karena tidak bermanfaat bagi kemanusiaan.
4)Keagungan Tuhan
Keagungan Tuhan dapat dibuktikan melalui keindahan alam dan keteraturan alam semesta serta kejadian-kejadian alam. Keindahan alam merupakan keindahan mutlak ciptaan Tuhan. Manusia hanya dapat meniru saja keindahan ciptaan Tuhan itu. Seindah-indah tiruan terhadap ciptaan Tuhan, tidak akan menyamai keindahan ciptaan Tuhan itu sendiri. Kecantikan seorang wanita ciptaan Tuhan membuat kagum seniman Leonardo da Vinci. Karena itu ia berusaha meniru ciptaan Tuhan dengan melukis Monalisa sebagai wanita cantik. Lukisan monalisa sangat terkenal karena menarik dan tidak membosankan

C. MANUSIA DAN PENDERITAAN
                      1. Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita. Derita berasal dari kata dhra (Sansekerta) yang artinya menahan atau menanggung. Sementara menurut Kamus Bahasa Indonesia karya W. J. S. Poerwadarmita, penderitaan adalah perasaan saat menahan suatu hal yang tidak menyenangkan. Penderitaan adalah kebalikan dari kebahagiaan atau kesenangan. Penderitaan dapat bersifat batin atau lahir, atau kedua-duanya.

2.    Bentuk Penderitaan
             A.       Siksaan
Siksaan adalah tindakan merugikan yang melewati batas, sehingga menimbulkan kesan    mengerikan. Subyek melakukan penyiksaan terhadap obyek agar obyek mau menuruti   keinginannya
             b.        Rasa Sakit
Rasa sakit adalah rasa yang disebabkan oleh siksaan. Siksaan, rasa sakit, dan penderitaan merupakan rangkaian peristiwa yang tidak dapat dipisahkan. Orang yang mengalami siksaan akan merasa sakit, dan dia yang merasa sakit akan menderita
            c.         Neraka
Neraka adalah salah satu tempat terakhir sebagai balasan untuk manusia yang memiliki lebih banyak amal buruk.


D. MANUSIA DAN KEADILAN
1.   Pengertian Keadilan
Seseorang dikatakan mendapat keadilan apabila dia telah mendapat pengakuan dan  dan keadilan yang sama, baik terhadap dirinya sendiri atau pun terhadap orang lain.
2.   Unsur Keadilan
    a. Kejujuran dan Kecurangan
Seseorang dapat dikatakan jujur apabila dia melakukan sesuatu dengan obyektif, atau tidak dipengaruhi oleh apapun. Sebaliknya, orang itu dapat dikatakan curang apabila dia  tidak melakukan sesuatu dengan obyektif,  atau dipengaruhi oleh hal-hal tertentu. Kejujuran dilandasi oleh moral tinggi, kesadaran terhadap keadilan, dan rasa takut terhadap dosa. 
               b.  Pemulihan Nama-Baik
Sebagai makhluk moral, manusia memiliki keinginan untuk menjaga nama-baiknya agar dapat bersosialisasi dengan baik dalam lingkungan sosialnya. Untuk itu, manusia akan selalu menjaga kelakuannya, seperti menata tata cara berbahasa, pergaulan, agama, dan banyak lagi.
               c.   Pembalasan
Pembalasan adalah reaksi terhadap suatu perbuatan seseorang untuk mencapai keadilan, baik perbuatan baik atau pun perbuatan tidak baik.

3. Macam Keadilan
a. Keadilan Moral atau Legal
Menurut Plato, keadilan dan hukum merupakan substansi rohani umum dari masyarakat yang membuat dan menjadi kesatuannya. Dalam masyarakat yang adil, setiap orang menjalankan pekerjaan menurut sifat dasarnya paling cocok baginya (the man behind the gun). Pendapat Plato itu disebut keadilan moral, sedangkan oleh yang lainnya disebut keadilan legal.
b. Keadilan Distributif
Menurut Aristoteles, keadilan akan terlaksana apabila hal-hal yang sama diperlakukan secara sama, dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan tidak sama (justice is done when equels are treated equally
c. Keadilan Komutatif
Menurut Aristoteles, pengertian keadilan ini merupakan asas pertalian dan ketertiban dalam masyarakat. Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrem menjadikan ketidakadilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyaraka


REFERENSI
http://thinkerbelloon.blogspot.com/2012/05/manusia-dan-cinta-kasih-penderitaan-dan.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

menyisipkan gambar pada latex

1.       Menyisipkan gambar pada latex.               Sebuah dokumen tidak selalu hanya berisi Teks saja, tekadang dalam membuat dokumen kita ingin atau harus menyisipkan sebuah gambar. pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara-cara nya. Dalam menyisipkan gambar diawali dengan sintak \begin{figure} dan di akhiri \end{figure} .  Sintak yang harus ada untuk menyisipkan sebuah gambar yaitu : \includegraphics { width/scale }{ Gambar kamu } : {width/scale} disini maksudnya ukuran gambar yang diinginkan dan gunakan salah satu. {Gambar Kamu} maksudnya alamat gambar yang akan di sisipkan kedalam dokumen LaTeX. langkah pertama nya adalah pilih dahulu gambar yang akan di sisipkan ke dokumen lalu copy paste ke desktop. Lalu kemudian   membuka latex, kemudian klik file>new. Setelah itu tuliskan kode berikut \documentclass[12pt]{article}            dokumen input karakter 12 maksimal karakter dalam                                      

Jaringan Komputer ( Physical Network )

Perangkat jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan untuk mencapai tujuan dari jaringan komputer, yaitu : a. Membagi sumber daya : contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori,                harddisk b. Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging , chatting c. Akses informasi: contohnya web browsing Terdapat sejumlah perangkat yang melewatkan aliran informasi data dala m                        sebuah LAN. Penggabungan perangkat tersebut akan menciptakan infrastruktur LAN. Perangkat-perangkat tersebut adalah : 1. NIC (Network Interface Card) Untuk memfungsikan PC Stand Alone agar dapat berkomunikasi dengan PC lain, diperlukan Network Interface Card (NIC). NIC berfungsi menghubungkan PC dengan media yang digunakan. 2.Kabel Kabel yang biasa digunakan dalam jaringan ada 3 jenis, yaitu: 1.Coaxial           Kabel ini sering digunakan untuk antena televisi dan transmisi telepon jarak jauh. Konektornya adalah BNC (B

makalah 4 social engineering

                                                     Mata Kuliah   :   Ilmu Sosial Dasar Dasar                                                               : Muhammad Burhan Amin Topik Penulisan Makalah SOCIAL ENGINEERING (REKAYASA SOSIAL)   Kelas   :   1-KA39 Tanggal Penyerahan Makalah : 14 Januari 2013 Tanggal Upload Makalah   :   15 Januari 2013                                                                  P E R N Y A T A A N Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain. Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini .                                          P e n y u s u n N P M Nama Lengkap Tanda Tangan 10112739 ANDES MARIO                           Program Sarjana Sistem Informasi